Clarissa Putri Orang yang suka menulis. Sebagai SEO Content Writer di Doyaninfo.com, senang berbagi artikel tentang bisnis dan pengembangan diri.

Traffic Banyak, Tapi Kunjungan Halaman AdSense Tidak Bertambah

2 min read

Cara mengatasi traffic blog banyak, tapi kunjungan halaman AdSense tidak bertambah. Situasi yang mengganggu ini sering dialami oleh banyak pemilik blog.

Meskipun statistik pengunjung blog menunjukkan angka yang cukup banyak, jumlah kunjungan halaman di akun AdSense justru tidak mengalami peningkatan yang diharapkan.

Fenomena ini tentu saja mengundang kebingungan dan frustrasi, mengingat setiap kunjungan seharusnya mengontribusi pada tampilan iklan yang dapat menghasilkan pendapatan.

Terkadang, perbedaan antara statistik pengunjung blog dan kunjungan halaman di AdSense bisa menjadi sangat mencolok.

Sebagai contoh, ada kasus di mana ada satu pengunjung yang membuka hingga 12 artikel dalam satu sesi, namun hanya tercatat sebagai satu tampilan halaman di akun Adsense.

Perbedaan inilah yang mendorong kita untuk memahami dan mengatasi masalah yang mungkin timbul dalam pelaporan statistik ini.

Baca Juga: Cara Agar Page One dengan Mudah

Penyebab Utama Traffic Blog Banyak, Tapi Kunjungan Halaman Adsense Tidak Bertambah

Penting bagi kita untuk menggali penyebab di balik perbedaan drastis antara statistik kunjungan halaman dan tampilan di akun AdSense.

Setelah melalui serangkaian penelitian, ternyata masalah utamanya berkaitan dengan script AdSense awal yang terpasang di blog. Script ini berperan dalam merekam tampilan halaman dan aktivitas iklan.

Script AdSense awal merupakan kode yang ditanamkan pada halaman website ketika pertama kali mendaftarkan blog ke program Google AdSense.

Kode ini bertanggung jawab dalam memastikan tampilan iklan tercatat dengan benar dalam sistem AdSense. Namun, dalam beberapa kasus, script ini dapat menyebabkan perbedaan statistik yang mencolok antara kunjungan halaman dan tampilan di akun AdSense.

Seperti halnya kasus yang terjadi pada saya, dimana saya memasang 3 script AdSense di satu website. Hal ini menyebabkan 2 script AdSense lainnya tidak akan mencatat kunjungan halaman dengan optimal seperti gambar dibawah:

AdSense 1

AdSense 2

AdSense 3

Baca Juga: 10 Tips untuk Memulai Belajar SEO dengan Sukses

Cara Mengatasi Kunjungan Halaman AdSense Tidak Bertambah

Penting untuk memiliki panduan langkah-langkah yang tepat guna mengatasi permasalahan ini. Berikut adalah tahapan yang perlu diikuti untuk memastikan bahwa kunjungan halaman di akun AdSense sesuai dengan statistik pengunjung blog.

1. Mengevaluasi Script Adsense Awal

Langkah awal yang harus diambil adalah mengevaluasi dan mengidentifikasi script AdSense awal yang terpasang di blog Anda.

Kode ini dapat ditemukan di bagian HTML template website Anda, biasanya di dalam tag <head>. Pastikan Anda mengetahui lokasi pasti dari script ini sebelum melangkah ke tahap berikutnya.

2. Menghapus atau Menonaktifkan Script

Setelah menemukan script AdSense awal, langkah selanjutnya adalah menghapus atau menonaktifkan script AdSense lainnya.

Jika Anda menggunakan platform WordPress, Anda dapat melakukan hal serupa dengan mengakses area pengaturan HTML.

3. Verifikasi Perubahan

Setelah menghapus atau menonaktifkan script AdSense, pastikan untuk melakukan verifikasi perubahan tersebut. Anda dapat membuka beberapa halaman blog dan memastikannya.

Harusnya saat ini statistik kunjungan halaman AdSense kembali meningkat sesuai dengan kunjungan pengunjung blog Anda.

4. Pantau Perkembangan

Setelah mengatasi masalah dengan menghapus atau menonaktifkan script Adsense, pantau terus perkembangan statistik tampilan halaman.

Anda seharusnya melihat adanya peningkatan yang signifikan, mengingat tampilan iklan sekarang tercatat dengan lebih akurat.

Baca Juga: 15 Istilah SEO yang Wajib Diketahui

Kesimpulan

Dalam menjalankan blog dan program AdSense, perbedaan statistik antara kunjungan halaman dan tampilan di akun AdSense memang bisa terjadi.

Namun, dengan pemahaman yang baik tentang script Adsense dan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengatasi permasalahan ini dengan efektif.

Pastikan untuk terus belajar dan mengoptimalkan strategi Anda guna meraih hasil yang lebih baik di masa depan.

Clarissa Putri Orang yang suka menulis. Sebagai SEO Content Writer di Doyaninfo.com, senang berbagi artikel tentang bisnis dan pengembangan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *