Clarissa Putri Orang yang suka menulis. Sebagai SEO Content Writer di Doyaninfo.com, senang berbagi artikel tentang bisnis dan pengembangan diri.

Contoh Daftar Riwayat Hidup dan Cara Membuatnya

2 min read

Contoh daftar Riwayat hidup

Contoh Daftar Riwayat Hidup (DRH) adalah dokumen yang berisi ringkasan informasi tentang latar belakang, pengalaman kerja, dan kualifikasi seseorang yang digunakan untuk melamar pekerjaan atau bergabung dalam suatu organisasi. DRH juga dapat disebut sebagai Curriculum Vitae (CV) atau Resume.

DRH biasanya berisi informasi tentang identitas pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, sertifikasi, dan pencapaian yang telah diraih oleh pelamar. DRH juga dapat mencantumkan informasi tentang minat dan hobi seseorang yang relevan dengan posisi yang dilamar.

DRH sangat penting dalam proses rekrutmen karena memberikan gambaran singkat tentang pelamar kepada pihak yang bertanggung jawab dalam seleksi calon karyawan. DRH yang baik dapat membuat pelamar terlihat lebih menarik dan meningkatkan peluang untuk dipanggil ke tahap seleksi selanjutnya.

Oleh karena itu, penting bagi pelamar untuk menyusun DRH dengan baik dan memperhatikan detail serta format yang sesuai.

DRH yang baik harus dapat menjelaskan secara singkat dan jelas tentang keahlian, pengalaman, dan pencapaian pelamar yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat Daftar Riwayat Hidup (DRH) yang baik:

Tentukan format DRH yang akan digunakan
Pilih format DRH yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Beberapa format yang umum digunakan adalah kronologis, fungsional, atau kombinasi dari keduanya.

1. Isi informasi pribadi

Pada bagian awal DRH, cantumkan informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan informasi tersebut terbaru dan dapat dihubungi dengan mudah.

2. Cantumkan pendidikan

Jelaskan pendidikan terakhir yang telah Anda selesaikan, termasuk nama institusi, program studi, gelar yang diperoleh, dan tahun lulus. Jangan lupa untuk menyebutkan sertifikasi atau pelatihan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

3. Tambahkan pengalaman kerja

Jelaskan pengalaman kerja yang pernah Anda lakukan, termasuk nama perusahaan, jabatan yang dipegang, periode kerja, tanggung jawab, dan pencapaian yang telah diraih. Gunakan urutan kronologis mulai dari pekerjaan terakhir hingga pekerjaan yang paling awal.

4. Sertakan keterampilan dan keahlian

Jelaskan keterampilan dan keahlian yang Anda miliki, baik yang diperoleh dari pengalaman kerja maupun pendidikan. Cantumkan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar, seperti kemampuan bahasa asing, keterampilan komputer, atau keahlian teknis.

5. Sebutkan minat dan hobi

Tambahkan informasi tentang minat dan hobi yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan di bidang desain grafis, cantumkan minat Anda dalam seni dan desain.

6. Buat DRH yang mudah dibaca dan dipahami

Pastikan DRH mudah dibaca dan dipahami dengan menggunakan font yang mudah dibaca, pengaturan margin yang baik, dan rapi. Selain itu, pastikan DRH tidak terlalu panjang dan mencakup informasi yang relevan saja.

7. Periksa dan edit DRH

Setelah selesai membuat DRH, periksa dan edit kembali untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan dan format. Pastikan DRH terlihat profesional dan menarik untuk dilihat.

Itulah beberapa langkah untuk membuat DRH yang baik. Pastikan DRH Anda mencakup informasi yang relevan dan mudah dipahami oleh pihak yang membacanya.

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Berikut adalah contoh Daftar Riwayat Hidup (DRH) yang dapat digunakan sebagai referensi dalam membuat DRH Anda sendiri:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama Lengkap: Ridwan Gumilar
Alamat: Jl.Sayang No. 10, Bandung
No. Telepon: 081234567890
Email: [email protected]

Pendidikan:

Sarjana Teknik Informatika, Universitas Indonesia, 2012-2016
Sertifikasi Komputer dan Jaringan, Cisco Academy, 2015

Pengalaman Kerja:

Analis Keamanan Cyber, PT XYZ, Jakarta, 2017-2019

Bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan menangani ancaman keamanan sistem informasi perusahaan. Menerapkan teknologi keamanan informasi untuk melindungi data perusahaan dan mengelola insiden keamanan. Pencapaian: mengurangi jumlah insiden keamanan informasi sebesar 50% selama 2 tahun terakhir.

Konsultan Teknologi, PT ABC, Jakarta, 2016-2017

Melakukan audit teknologi informasi untuk klien dan memberikan saran tentang cara meningkatkan efisiensi operasional dan keamanan sistem informasi mereka.

Keterampilan dan Keahlian:

  • Bahasa pemrograman: Python, Java, C++
  • Keamanan informasi dan risiko
  • Jaringan komputer dan keamanannya
  • Sistem operasi: Windows, Linux, MacOS
  • Bahasa Inggris: mahir

Minat dan Hobi:

  • Bermain bola basket
  • Mendengarkan musik dan menonton film
  • Membaca buku tentang teknologi dan bisnis

DRH di atas adalah contoh DRH sederhana yang mencakup informasi pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, minat dan hobi. Anda dapat menyesuaikan DRH tersebut dengan menambah atau menghapus informasi sesuai kebutuhan Anda. Pastikan untuk membuat DRH yang sesuai dengan profil Anda dan pekerjaan yang dilamar.

Clarissa Putri Orang yang suka menulis. Sebagai SEO Content Writer di Doyaninfo.com, senang berbagi artikel tentang bisnis dan pengembangan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *